Peningkatan Keterampilan Melalui Pelatihan Pembuatan Sulaman dengan Teknik Tusuk Bullion di PKBM Temanggung

Dalam upaya meningkatkan keterampilan, kreativitas, produktivitas, dan jiwa kewirausahaan masyarakat, Tim Dosen Prodi Pendidikan Tata Busana menyelenggarakan pelatihan pembuatan sulaman dengan teknik tusuk bullion di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cendikia Mandiri, Temanggung. Tim dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Dra. Emy Budiastuti, M.Pd., Anita Volintia Dewi, M.Pd., dan Awwali Ibnu Wardaya, M.Pd., dengan melibatkan beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Busana.

 

 

Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat di PKBM Cendikia Mandiri untuk meningkatkan keterampilan dan membuka peluang usaha baru. PKBM yang berlokasi di Kelurahan Manding, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, memiliki potensi peserta didik yang mayoritas berada di usia produktif. Hal ini menunjukkan potensi besar dalam segi stamina, fisik, tingkat kecerdasan, dan kreativitas, yang jika diberdayakan dengan baik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2024 ini disambut dengan antusias oleh peserta dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga ibu-ibu, baik laki-laki maupun perempuan. Teknik sulaman tusuk bullion yang diajarkan dalam pelatihan ini diterapkan pada berbagai media seperti jilbab, pakaian, dan hiasan. Peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing mentor mahasiswa. Meskipun banyak peserta baru pertama kali mencoba teknik ini, hasil sulaman mereka sangat baik untuk seorang pemula.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan peserta dapat mengembangkan keterampilan mereka lebih lanjut, menciptakan produk-produk kreatif yang bernilai ekonomi tinggi, dan membuka peluang usaha baru yang dapat dipasarkan di Kota Temanggung. Pelatihan ini juga bertujuan untuk memberdayakan peserta PKBM Cendikia Mandiri agar lebih produktif dan mampu meningkatkan kesejahteraan mereka melalui keterampilan yang dimiliki.

Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Diharapkan, dengan pelatihan pembuatan sulaman teknik tusuk bullion ini, masyarakat Temanggung, khususnya peserta PKBM Cendikia Mandiri, dapat lebih berdaya dan memiliki keterampilan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mampu membuka peluang usaha yang berkelanjutan.