Capaian Pembelajaran S1 Pendidikan Tata Busana

ASPEK SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain;
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan umum.

 

ASPEK PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konseppengetahuan  dalam bidang studi tata busana yang sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran tata busana khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill);
  1. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran tata busana;
  1. Menguasai prosedur dan menganalisis penelitian pendidikan tata busana;
  2. Menguasai konsep-konsep teori ilmu tata busana, dengan dukungan ilmu sosiologi, antropologi, psikologi, manajemen, komunikasi dan seni budaya, sebagai landasan dalam menganalisis dan penerapan layanan pendidikan bagi peserta didik di SMK bidang keahlian tata busana.

 

ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup pendidikan tata busana untuk memahami potensi peserta didik SMK Pariwisata Bidang Keahlian  tata busana pada pendidikan formal;
  2. Mampu mengembangkan kurikulum SMK Tata Busana;
  3. Mampu merencanakan, melaksanakan  danmengevaluasi pada berbagai pembelajaran tata busana;
  4. Mampu mengembangkan dan mengelola pembelajaran pendidikan tata busana sesuai dengan prinsip pedagogik;
  5. Mampu menerapkan berbagai pendekatan dan metode pemebelajaran pendidikan tata busana;
  6. Mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK dalam pembelajaran tata busana;
  7. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam menentukan berbagai alternatif pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik di SMK Bidang Keahlian  tata busana dengan mengaplikasikan nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia;
  8. Mampu menunjukkan kinerja dalam praksis pendidikan tata busana yang dapat dipertanggungjawabkan pada para pengguna pelayanan, pemangku kepentingan, dan masyarakat dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar berpikir kritis dalam humanitarian, pemberdayaan dalam praktik pendidikan tata busana;
  9. Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada dibawah tanggung jawab pendidikan tata busana.

 

 

ASPEK KETERAMPILAN UMUM

        1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahlian tata busana;
        2. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahlian tata busana berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
        3. Mengambil keputusan secara tepat dalam kontekspenyelesaian masalah di bidang keahlian tata busanaberdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
        4. Mengelola pembelajaran tata busana secara mandiri;
        5. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.