Kelas Inspirasi Fesyen : Mahasiswa Mengajar di sekolah menengah (KIF-SM) Di MAN 2 Bantul

 

Salah satu misi prodi Pendidikan Tata Busana adalah memberdayakan masyarakat dengan berbagai keterampilan bidang busana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk masyarakat sekolah. Dalam rangka merealisasikan misi tersebut, prodi Pendidikan Tata Busana akan menyelenggarakan Kelas Inspirasi Fesyen di berbagai Sekolah Menengah (SMA/SMK) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelas Inspirasi Fesyen Sekolah Menengah (KIF-SM) yang dilaksanakan dalam konsep Praktik Kependidikan ini, merupakan salah satu bentuk implementasi Kurikulum Merdeka kolaborasi antara universitas dan sekolah.

Aktifitas Praktik Kependidikan Kelas Inspirasi Fesyen di Sekolah Menengah (KIF-SM) dilaksanakan oleh Mahasiswa, dengan tujuan untuk memberikan pengalaman pengelolaan pendidikan dan pembelajaran di sekolah menengah untuk mencapai profil lulusan Pendidikan Tata Busana sebagai guru sekolah menengah. Bagi sekolah, program ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan inspirasi tentang upaya untuk menumbuhkan kecakapan hidup (life skill) siswa, khususnya bidang seni budaya, kerajinan dan kewirausahaan. Sebagaimana diketahui bahwa life skill merupakan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh seseorang agar bisa berfungsi secara independen atau mandiri dalam kehidupan. Oleh sebab itu, penting untuk KIF-SM di sekolah menengah sebagai bagian dari penumpuhan life skill siswa.

Program KIF-SM ini merupakan pengembangan dari Praktik Kependidikan yang telah rutin dilaksanakan oleh mahasiswa S1 Kependidikan di UNY selama 2-3 bulan. Dengan pengembangan program, aktifitas KIF-SM dilaksanakan selama 1 semester untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin menjadi guru setelah lulus nanti. Kelas Inspirasi memberikan pembelajaran desain fesyen bagi siswa SMA/SMK. Untuk Pelaksanaan KIF- SM ini, Prodi Pendidikan Tata Busana  bekerjasama dengan MAN 2 Bantul pada tanggal 1 Juli - 25 November 2023.