Penyerahan Mahasiswa PK kepada Sekolah oleh DPL Prodi Pendidikan Tata Busana UNY 2021

Prodi Pendidikan Tata Busana menyelenggarakan kegiatan penyerahan mahasiswa Praktik Kependidikan (PK) kepada sekolah secara daring, Senin 19 Juli 2021. Kegiatan penyerahan ini dilakukan secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama yang dihadiri Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Boga Busana (PTBB) sekaligus Koordinator Program Studi Pendidikan Tata Busana, Koordinator PK, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Kepala Sekolah atau yang mewakili dan mahasiswa PK.

Koordinator PK Prof. Dr. Sri Wening, M.Pd. melaporkan bahwa kegiatan PK semester ganjil tahun 2021 di masa pandemi covid-19 diikuti oleh 73 mahasiswa.  Pelaksanaan PK di domisili masing-masing tersebar di seluruh Indonesia dengan total SMK sebagai tempat PK mahasiswa Pendidikan Tata Busana tahun ini sebanyak 32 SMK dan lokasi terjauh PK di SMK Negeri 8 Medan. Waktu pelaksanaan PK dari tanggal 12 Juli – 12 Desember guna menempuh waktu pelaksanaan sejumlah 272 jam menyesuaikan bebas sks mata kuliah PK. Kegiatan PK terintegrasi dengan KKN di lingkungan sekitar. Kajur PTBB sekaligus Korprodi Pendidikan Tata Busana Mohammad Adam Jerusalem, MT., Ph.D. menyampaikan bahwa PK untuk menambah keterampilan dalam mengajar siswa yang merupakan salah satu kompetensi utama mahasiswa Pendidikan Tata Busana, disamping kompetensi produktif menghasilkan produk busana dan kompetensi berwirausaha di bidang busana.

Prof. Dr. Edi Supriyadi, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Fakultas Teknik UNY menyerahkan secara resmi mahasiswa PK kepada sekolah. Dari kegiatan PK diharapkan mahasiswa tidak hanya diterjunkan namun kedepannya mahasiswa dapat memperoleh pengalaman signifikan dalam kompetensi dan karakter. Kemudian perwakilan sekolah diwakili Kepala SMK Negeri 4 Yogyakarta, Setyo Budi Sungkuwo, M.Pd. menerima secara resmi mahasiswa Pendidikan Tata Busana untuk melaksanakan PK di sekolah. Harapannya mahasiswa selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan guru pembimbing terkait kemajuan pelaksanaan PK di sekolah.

Nasihat dan pesan untuk mahasiswa disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dra. Enny Zuhnikhayati, M.Kes. Dalam pesannya agar bekal dari kampus perlu dimantapkan ditambah dengan pengalaman di sekolah. Mahasiswa agar disiplin, berkomunikasi, dan santun kepada pembimbing di sekolah. Mahasiswa selalu mengkomunikasikan dan musyawarah dengan program yang dibuat kepada guru pamong. Dra. Sri Widarwati, M.Pd. selaku DPL menambahkan selama waktu PK dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mengenal sekolah, tata kelola sekolah dan menjadi bekal mahasiswa ketika terjun di dunia pendidikan. Melalui PK mahasiswa akan mengajar dengan murid sebenarnya dan merasakan menjadi guru yang sesungguhnya. Harapannya dengan bimbingan di sekolah dan setelah PK mahasiswa dapat memiliki pengalaman luar biasa. Penerjunan PK bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar kompeten dan siap dalam segala hal. [zia, adj, res]