Mendalami Keberlanjutan dalam Industri Busana dan Tekstil : Kuliah Istimewa Prof. Madya Dr. Arasinah binti Kamis dari Malaysia di UNY

Yogyakarta, Indonesia - Program Studi Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan sebuah kegiatan istimewa yang berlangsung dari tanggal 6 - 8 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan kegiatan Visitting Profesor Inbound yang juga merupakan program dari EQUITY.  Kegiatan ini menghadirkan warna baru dalam pembelajaran perkuliahan, kedatangan Prof. Madya Dr. Arasinah binti Kamis dari Malaysia. Kunjungan beliau bukan hanya menjadi kesempatan bagi mahasiswa dan staf pengajaran untuk mendapatkan wawasan baru, tetapi juga menjadi momen berharga yang memperkaya suasana akademik. 

Salah satu sesi kuliah yang paling dinantikan adalah yang diselenggarakan untuk Program Studi Pendidikan Tata Busana.  Prof. Madya Dr. Arasinah binti Kamis membawakan topik yang menarik tentang "Sustainable in Textile and Fashion". Dalam kuliah ini,beliau tidak hanya memberikan materi tentang konsep - konsep dasar keberlanjutan dalam industri tekstil dan mode, namun juga membahas tentang motif - motif batik dan teknik pembuatan batik yang merupakan bagian integral dari warisan budaya Indonesia. 

Yang membuat kuliah ini semakin menarik adalah adanya kuis interaktif yang diselenggarakan oleh  Prof. Madya Dr. Arasinah binti Kamis. Kuis ini tidak hanya membuat suasana lebih seru, namun juga membantu mahasiswa untuk menguji pemahaman mereka tentang materi yang telah disampaikan. Menerapkan pendekatan yang dinamis dan interaktif seperti ini, pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan. 

Materi perkuliahan mencangkup perbandingan antara pelaksanaan keberlanjutan dalam industri tekstil dan mode di Malaysia dan Indonesia. Perbandingan dua negara ini, mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang tantangan dan peluang dalam mewujudkan keberlanjutan dalam industri tekstil dan mode di tingkat regional. 

Kunjungan  Prof. Madya Dr. Arasinah binti Kamis tidak hanya memberikan wawasan baru tentang sustainable fashion dan tekstil, namun juga membuka jendela bagi mahasiswa untuk memahami bagaimana konsep keberlanjutan dapat diimplementasikan dalam industri kreatif seperti busana dan tekstil. Harapannya kolaborasi ini dapat terjalin dan berlanjut sehingga menghasilkan inovasi - inovasi yang bermanfaat bagi masa depan industri mode di Indonesia.