Fakultas Teknik Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
You are here
C.6 Pendidikan
Primary tabs
C.6 Pendidikan
1. Latar Belakang
Bagian ini mencakup latar belakang, tujuan, dan rasional atas strategi pencapaian standar perguruan tinggi terkait pendidikan dan proses pendidikan, yang mencakup kurikulum, pembelajaran (karakteristik proses pembelajaran, prencana proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, monitoring dan evaluasi proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran), integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran, dan suasana akademik yang didasarkan atas analisis internal dan eksternal, serta posisi dan daya saing program studi.
- Kebijakan
Berisi deskripsi dokumen formal kebijakan pendidikan, standar, dan panduan akademik yang memuat tujuan dan sasara pendidikan, strategi, metode, dan instrument untuk mengukur efektivitasnya.
Kebijakan yang terkait dengan Standar Pendidikan yang mencakup 8 standar, yaitu: (a) Standar Kompetensi Lulusan; (b) Standar Pembelajaran; (c) Standar Proses Pembelajaran; (d) Standar Penilaian; (e) Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan; (f) Standar Sarana dan Prasarana; (g) Standar Pengelolaan; (h) Standar Pembiayaan, menggunakan landasan:
- Strategi Pencapaian Standar
Bagian ini mencakup strategi UPPS dan program studi dalam pencapaian standar yang ditetapkan perguruan tinggi terkait pendidikan, yang mencakup isi pembelajaran (kurikulum), pembelajaran (karakteristik proses pembelajaran, rencana proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, monitoring dan evaluasi proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran), integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran, dan suasana akademik. Pada bagian ini juga harus diuraikan sumber daya yang dialokasikan untuk mencapai standar yang telah ditetapkan serta mekanisme control ketercapaiannya.
2. Pembelajaran
- Kebijakan Tentang Suasana Akademik
- Menentukan Kebijakan Jumlah Tatap Muka Perkuliahan 14-16 Kali/ Semester
- Mendorong Dosen Menggunakan e-Learning dalam Pembelajaran
- Menerapkan Kartu Rencana Studi (KRS) online
- Menerapkan SIPKL
- Mendorong Mahasiswa untuk Menyelesaikan Tugas akhir 1 Semester
- Menerapkan sanksi akademik
- Mendorong Mahasiswa Mengikuti Even Lomba
- Kampanye berpakaian sopan
- Penyediaan Sarana dan Prasarana
- Dukungan Dana
- Kegiatan Akademik di dalam dan di luar kelas
- Indikator Kinerja Utama
- Misi Program Studi S1 Pendidikan Teknik/Tata Busana
- Profil Lulusan Prodi S1 Pendidikan Teknik/Tata Busana
- Capaian Pembelajaran (learning outcome) yang akan dikembangkan oleh Program Studi S1 Pendidikan Teknik/Tata Busana
SIKAP |
|
PENGUASAAN PENGETAHUAN |
|
KETERAMPILAN KHUSUS |
|
KETERAMPILAN UMUM |
Secara Umum Lulusan akan mampu :
|
- Evaluasi Capaian Kinerja
Berisi deskripsi dan analisis keberhasilan dan /atau ketidak berhasilan pencapaian standar yang telah ditetapkan. Capaian kinerja harus diukur dengan metoda yang tepat, dan hasilnya dianalisis serta dievaluasi. Analisis terhadap capaian kinerja harus mencakup identifikasi akar masalah, factor pendukung keberhasilan dan factor penghambat ketercapaian standar, dan deskripsi singkat tindak lanjut yang akan dilakukan UPPS.
- Penjaminan Mutu Pendidikan
Berisi deskripsi dan bukti sahih tentang implementasi system penjaminan mutu di UPPS yang sesuai dengan standar yang ditetapkan perguruan tinggi terkait proses pendidikan, yang mengikuti siklus penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan perbaikan berkelanjutan (PPEPP).
8. Kepuasan Pengguna
Berisi deskripsi mengenai pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan dan pelaksanaan proses pendidikan yang memenuhi aspek-aspek berikut:
- Simpulan Hasil Evaluasi Serta Tindak Lanjut
Berisi ringkasan dari pemosisian, masalah dan akar masalah, serta rencana perbaikan dan pengembangan yang akandilakukan oleh UPPS terkait proses pendidikan pada program studi yang diakreditasi.
Album
Kontak Kami
Copyright © 2024,