C.6 Pendidikan

C.6 Pendidikan

1. Latar Belakang

Bagian ini mencakup latar belakang, tujuan, dan rasional atas strategi pencapaian standar perguruan tinggi terkait pendidikan dan proses pendidikan, yang mencakup kurikulum, pembelajaran (karakteristik proses pembelajaran, prencana proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, monitoring dan evaluasi proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran), integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran, dan suasana akademik yang didasarkan atas analisis internal dan eksternal, serta posisi dan daya saing program studi.

  1. Kebijakan

Berisi deskripsi dokumen formal kebijakan pendidikan, standar, dan panduan akademik yang memuat tujuan dan sasara pendidikan, strategi, metode, dan instrument untuk mengukur efektivitasnya.

Kebijakan yang terkait dengan Standar Pendidikan yang mencakup 8 standar, yaitu: (a) Standar Kompetensi Lulusan; (b) Standar Pembelajaran; (c) Standar Proses Pembelajaran; (d) Standar Penilaian; (e) Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan; (f) Standar Sarana dan Prasarana; (g) Standar Pengelolaan; (h) Standar Pembiayaan, menggunakan landasan:

  1. Strategi Pencapaian Standar

Bagian ini mencakup strategi UPPS dan program studi dalam pencapaian standar yang ditetapkan perguruan tinggi terkait pendidikan, yang mencakup isi pembelajaran (kurikulum), pembelajaran (karakteristik proses pembelajaran, rencana proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, monitoring dan evaluasi proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran), integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran, dan suasana akademik. Pada bagian ini juga harus diuraikan sumber daya yang dialokasikan untuk mencapai standar yang telah ditetapkan serta mekanisme control ketercapaiannya.

      2. Pembelajaran

  1. Kebijakan Tentang Suasana Akademik
  2. Menentukan  Kebijakan  Jumlah  Tatap  Muka  Perkuliahan  14-16  Kali/ Semester
  3. Mendorong Dosen Menggunakan e-Learning dalam Pembelajaran
  4. Menerapkan Kartu Rencana Studi (KRS) online
  5. Menerapkan SIPKL
  6. Mendorong Mahasiswa untuk Menyelesaikan Tugas akhir 1 Semester
  7. Menerapkan sanksi akademik
  8. Mendorong Mahasiswa Mengikuti Even Lomba
  9. Kampanye berpakaian sopan
  10. Penyediaan Sarana dan Prasarana
  11. Dukungan Dana
  12. Kegiatan Akademik di dalam dan di luar kelas

 

  1. Indikator Kinerja Utama
  2. Misi Program Studi S1 Pendidikan Teknik/Tata Busana
  3. Profil Lulusan Prodi S1 Pendidikan Teknik/Tata Busana
  4. Capaian Pembelajaran (learning outcome) yang akan dikembangkan oleh Program Studi S1 Pendidikan Teknik/Tata Busana

 

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  4. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  5. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme dan rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara, serta mendukung perdamaian dunia.
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  7. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  8. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan;
  9. Menjunjung tinggi penegakan hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pendidikan tata busana secara mandiri.
  12. Mampu menginternalisasi nilai dan norma akademik yang benar terkait dengan kejujuran, etika, atribusi, hak cipta, kerahasiaan dan kepemilikan data.

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoretis pedagogi, konsep pengetahuan, dan mengembangkan keilmuan bidang tata busana secara kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pendidikan tata busana yang sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran tata busana khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill);
  3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran tata busana;
  4. Menguasai prosedur dan menganalisis penelitian pendidikan tata busana;
  5. Menguasai konsep-konsep teori ilmu tata busana, dengan dukungan ilmu sosiologi, antropologi, psikologi, manajemen, komunikasi dan seni budaya, sebagai landasan dalam menganalisis dan penerapan layanan pendidikan bagi peserta didik di SMK bidang keahlian tata busana.

 

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu melakukan dan mengelola produksi  busana dalam skala besar maupun kecil dari desain hinggga produk jadi sesuai dengan standar mutu dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS yang relevan dalam bidang keahlian tata busana untuk mengembangkan  potensi peserta didik SMK Pariwisata Bidang Keahlian  tata busana pada pendidikan formal;
  2. Mampu mengembangkan kurikulum SMK Tata Busana;
  3. Mampu merencanakan, melaksanakan  dan mengevaluasi pada berbagai pembelajaran tata busana;
  4. Mampu mengembangkan dan mengelola pembelajaran pendidikan tata busana sesuai dengan prinsip pedagogik;
  5. Mampu menerapkan berbagai pendekatan dan metode pembelajaran pendidikan tata busana;
  6. Mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK dalam pembelajaran tata busana;
  7. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam menentukan berbagai alternatif pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik di SMK Bidang Keahlian  tata busana dengan mengaplikasikan nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia;
  8. Mampu menunjukkan kinerja dalam praksis pendidikan tata busana yang dapat dipertanggungjawabkan pada para pengguna pelayanan, pemangku kepentingan, dan masyarakat dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar berpikir kritis dalam humanitarian, pemberdayaan dalam praktik pendidikan tata busana;
  9. Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada dibawah tanggung jawab pendidikan tata busana.

 

 

KETERAMPILAN UMUM

Secara Umum Lulusan akan mampu :

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi konsep pedagogik untuk dapat merancang perangkat pembelajaran dan keterampilan mengajar bidang keahlian tata busana.
  2. Mampu memberikan simpulan terkait problem sistem produksi busana berdasarkan gejala dengan melakukan analisis terhadap hasil pengamatan dan pengukuran dengan menggunakan standar mutu yang sesuai.
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan teknologi bidang tata busana berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain guna menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan terhadap permasalahan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran pada bidang tata busana berdasarkan informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih solusi secara mandiri dan kelompok.
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, asosiasi profesi , industri baik di dalam maupun di luar lembaga bidang tata busana;
  7. mampu bertanggung jawab sebagai tenaga pendidik dan tenaga analis dalam bidang tata busana secara mandiri, dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya atas pencapaian hasil kerja kelompok secara partisipatif dan komunikatif.
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dalam bidang keahlian tata busana;
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi bidang tata busana.
  1. Evaluasi Capaian Kinerja ​​​​​​​

Berisi deskripsi dan analisis keberhasilan  dan /atau ketidak berhasilan pencapaian standar yang telah ditetapkan. Capaian kinerja harus diukur dengan metoda yang tepat, dan hasilnya dianalisis serta dievaluasi.  Analisis terhadap capaian kinerja harus mencakup identifikasi akar masalah, factor pendukung keberhasilan dan factor penghambat ketercapaian standar, dan deskripsi singkat tindak lanjut yang akan dilakukan UPPS.

  1. Penjaminan Mutu Pendidikan

Berisi deskripsi dan bukti sahih tentang implementasi system penjaminan mutu di UPPS yang sesuai dengan standar yang ditetapkan perguruan tinggi terkait proses pendidikan, yang mengikuti siklus penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan perbaikan berkelanjutan (PPEPP).​​​​​​​

       8.  Kepuasan Pengguna

Berisi deskripsi mengenai pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan dan pelaksanaan proses pendidikan yang memenuhi aspek-aspek berikut:

    1. Kejelasan instrumen yang digunakan,  pelaksanaan, perekaman dan analisis datanya.
    2. Ketersediaan bukti yang sahih tentang hasil pengukuran kepuasan mahasiswa yang dilaksanakan secarakonsisten, dan ditindaklanjuti secara berkala dan tersistem (Tabel 5.c. LKPS).
  1. Simpulan Hasil Evaluasi Serta Tindak Lanjut

Berisi ringkasan dari pemosisian, masalah dan akar masalah, serta rencana perbaikan dan pengembangan yang akandilakukan oleh UPPS terkait proses pendidikan pada program studi yang diakreditasi.